Rabu, 29 Desember 2010

Soal-soal Ujian Nasional Tahun 2009/2010 dan Pembahasannya

Bidang Studi: Bahasa Indonesia
Kode: P 40
Jenjang: SMP/MTs

1. Perhatikan kutipan berikut!
     (1) Kegiatan membaca merupakan upaya dalam menyerap informasi. (2) Hal tersebut merupakan langkah awal dalam upaya memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. (3) Langkah selanjutnya adalah melakukan upaya pemahaman yang tepat terhadap isi bacaan. (4) Selain itu, membaca berulangkali, merupakan salah satu cara yang tepat dalam memahami bacaan.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat...
A. (1)
B. (2)
C.(3)
D.(4)

Jawaban: A
Kalimat (1) Kegiatan membaca merupakan upaya dalam menyerap informasi. merupakan kalimat utama sedangkan kalimat (2), (3), dan (4) merupakan penjelas. Perhatikan kata " hal tersebut" merujuk pada kegiatan membaca, "langkah selanjutnya" merujuk pada kalimat (1), dan selain itu, juga merujuk ke kegiatan membaca.

2. Perhatikan kutipan paragraf berikut
Kini ada ratusan jenis teh yang bisa dinikmati. Bahan bakunya juga tak hanya dari daun teh tetapi juga dari berbagai jenis buah, seperti apel, strawberry, blueberry, atau campuran bermacam buah. Atau dari berbagai bunga, seperti melati dan rosela. Bahkan dari dedaunan lain, seperti pepermint. Tapi secara umum, ada tiga jenis teh yang dikenal, yaitu teh hitam, teh olong, dan teh hijau.

Pikiran utama paragraf tersebut adalah ...
A. bahan baku teh
B. bahan campuran teh
C. kenikmatan jenis teh
D. jenis-jenis teh


Jawaban: D
Pikiran utama paragraf di atas adalah jenis-jenis teh. Salah satu indikator pikiran utama tersebut adalah kata yang selalu disebut yakni jenis dan teh.


3. Perhatikan kutipan teks berikut!
Parman mengeluh dengan mahalnya biaya masuk sekolah anaknya. Ia pun membandingkan kondisi pendidikan kini dengan beberapa tahun silam. "Dulu sekolah tidak semahal ini. Saya ini sebenarnya mau protes, tetapi protes kepada siapa?"
Menjual tahu goreng menjadi pekerjaan sehari-hari Parman si Jalan Kusumanegara Yogyakarta. Aktivitas dagangnya dimulai pukul 17.00 hinggga 21.00. Dari hasil penjualannya ini ia bisa mengumpulkan keuntungan bersih sekitar Rp30.000,00 per hari. Uang itu selalu habis untuk kebutuhan sehari-hari.


Kritikan yang tepat atas sikap orang tua dalam bacaan tersebut adalah ....
a. Mengeluh itu kurang baik, yang penting meningkatkan penghasilan untuk keluarga.
b. Orang tua perlu mendampingi anak-anaknya hingga mereka dewasa.
c. Menjual makanan untuk biaya pendidikan anak sangat lumrah.
d. Orang tua dapat membandingkan biaya pendidikan antarsekolah.


Jawaban: A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar